Perbedaan Samsung Galaxy A32 & Galaxy A32 5G

Perbedaan Samsung Galaxy A32 & Galaxy A32 5G

Kernochancenter – Nama Samsung memang tak terbantahkan karena kualitasnya. Setelah bertahun-tahun memamerkan berbagai ponsel andalan canggih, merek asal Korea Selatan ini juga tak lupa memamerkan produk untuk segmen yang lebih sederhana.

Seperti halnya Galaxy A32 yang tentunya berada di segmen menengah dengan harga yang cukup terjangkau tanpa mengurangi kualitas. Galaxy A32 juga diluncurkan bersamaan dengan Galaxy A52 dan A72 yang memiliki desain bodi serupa.

Ketiganya memiliki modul kamera yang tampak tertanam di dalam bodi, dengan desain ergonomis yang berani dan tren untuk ponsel lain. Namun untuk Galaxy A32 ini merupakan ponsel yang hanya memiliki koneksi LTE.

Berikut perbedaan antara Galaxy A32 standar dan versi 5G. Mana yang paling berharga, bukan? Cari tahu di bawah.

1. Jenis Panel dan Ukuran Layar

Samsung adalah merek yang sering memasok produknya dengan panel Super AMOLED sebagai tampilan. Jenis layar ini memiliki tingkat kecerahan yang lebih terang daripada IPS LCD dan menampilkan warna hitam yang sangat gelap untuk daya tahan baterai yang lebih baik. Inilah keunggulan Galaxy A32 biasa.

Ponsel ini memiliki Super AMOLED 6,4 inci dengan resolusi 1080p, yang menawarkan tingkat kecerahan khas 800 nits. Ponsel dengan layar Super AMOLED juga dapat memberikan pengalaman sinematik yang lebih baik saat menonton film atau hal lainnya.

El Samsung Galaxy A32, yang dipersembahkan oleh estuvo enero de 2021, tambiƩn mempertahankan pilihan 90 Hz. .

Namun varian 5G tidak memiliki hal yang sama, di mana Galaxy A32 5G hanya memiliki layar IPS LCD. Bahkan, resolusi layarnya kini hanya HD Plus yang juga dikenal dengan 720 x 1600 piksel. Cukup disayangkan, mengingat versi 5G ini sebenarnya memiliki ukuran layar yang lebih besar yakni 6,5 inci.

2. Chipset

Samsung Galaxy A32 standar dan versi 5G-nya tentu saja hadir dengan chipset yang berbeda. Memang, chipset MediaTek Helio G80 yang terintegrasi dengan standar Galaxy A32 tidak dilengkapi modem 5G.

Chipset ini adalah SoC MediaTek yang dirancang khusus untuk bermain game yang biasanya terpasang pada ponsel di segmen harga menengah. Namun Helio G80 ini bukan yang terbaik dengan harga 3 jutaan. Bahkan Helio G85 terbaru dan terkuat ditemukan di Infinix Hot 10 yang dibanderol dengan harga $1 juta.

Sekilas, Helio G80 sendiri dibuat dalam 12nm dan GPU-nya terdaftar sebagai Mali G52 MC2. Kartu pemrosesan grafis ini beroperasi pada frekuensi 950 MHz.

Sementara itu, chipset gaming memiliki konfigurasi komponen dual-cluster yang terdiri dari satu set 2 inti berkinerja tinggi dalam bentuk inti ARM Cortex A75 (2 GHz) dan 6 inti ARM Cortex A55 (1,8 GHz) dengan konsumsi rendah.

3. Versi sistem operasi

Sistem operasi adalah salah satu perbedaan yang membedakan keduanya. Meski keduanya masih dirilis dengan Android 11, sebenarnya mereka memiliki antarmuka versi yang berbeda.

Tak banyak perbedaan, ketika Galaxy A32 biasa menggunakan One UI 3.1, versi 5G hanya dibekali One UI 3.0. Meskipun perbedaan ini tidak terlalu mencolok, sebenarnya ada beberapa fitur di One UI 3.1 yang tidak dimiliki 3.0.

Yaitu contoh seperti integrasi Google Discover yang lebih baik, kemampuan untuk mengontrol perangkat Google Home tanpa membuka aplikasi, dan penggunaan Google Duo yang lebih nyaman. Anda juga dapat menggunakan fitur efek latar belakang setiap kali Anda melakukan panggilan video di One UI 3.1.

Fitur keren lainnya disebut “Aplikasi berkelanjutan di perangkat lain”. Seperti namanya, jika Anda memiliki perangkat lain yang menggunakan ekosistem Samsung Galaxy, Anda dapat terus menggunakan aplikasi di perangkat tersebut selama Anda masuk ke akun Samsung yang sama.

4. Dedicated vs. Hybrid Slot

Samsung Galaxy A32 dan versi 5G-nya memiliki memori internal 64 GB dan 128 GB, yang dapat diperluas menggunakan memori eksternal. Namun nyatanya Galaxy A32 biasa lebih nyaman digunakan karena memiliki slot dedicated atau bisa juga disebut slot 3 kartu.

Artinya selain bisa dipasangkan dengan dua kartu SIM sekaligus, perangkat ini juga bisa dimasukkan dengan microSD tanpa harus mengeluarkan kartu SIM kedua.

Berbeda dengan Galaxy A32 5G yang merupakan slot hybrid, pengguna harus beralih antara menggunakan SIM kedua atau kartu microSD. Keduanya mendukung penggunaan microSD hingga kapasitas 1TB.

Sumber : Berita Teknologi Terbaru