Jenis Ikan Air Tawar

5 Jenis Ikan Air Tawar Yang Ada Di Indonesia

Kernochancenter – Indonesia mempunyai keanekaragaman hayati yang sangat besar, jadi tidak heran jika banyak sekali jenis ikan air tawar. Ikan air tawar bisa digunakan sebagai ikan hias dan konsumsi. Tercatat di Kementerian Kelautan dan Perikanan, kalau terdapat lebih dari 400 jenis ikan air tawar dari 1.100 ikan air tawar di dunia.

Berikut ini adalah jenis jenis ikan air tawar yang ada di Indonesia.

1. Ikan Mujair

Ikan mujair mempunyai nama latin Oreochromis mossambicus. Nama Mujair diambil dari nama penemu pertama ikan ini, yaitu Pak Mujair di Blitar, Jawa Timur. Pada tahun 1939, Pak Mujair menemukan ikan ini di Sungai Serang pantai selatan Blitar, Jawa Timur. Ikan mujair bisa tumbuh sampai 40 cm dam bisa hidup di air payau karena memiliki toleransi kadar garam yang tinggi.

Di Indonesia ada banyak menu masakan ikan mujair, seperti ikan mujair bumbu kuning, ikan mujair asam manis, dan ikan mujair goreng yang bisa dilihat di Situs Poker Online.

2. Ikan Gurame

Ikan gurame memiliki nama latin Osphronemus goramy dan menjadi ikan air tawar yang enak dan disenangi oleh orang Asia Selatan dan Asia Tenggara. Selain dikonsumsi, ikan gurame jika bisa dipelihara di dalam aquarium. Ikan gurame merupakan ikan yang suka memakan cacing, infusaria, dan rotifer. Saat ini ikan gurame banyak dibudidayakan karena banyak yang mencarinya. Dan untuk melakukan budidaya ikan gurame pun cukup mudah untuk dilakukan.

Ikan gurame termasuk ikan yang enak untuk dikonsumsi karena memiliki rasa gurih dan asin yang memenjakan lidah setiap penikmatnya. Contoh masakan ikan gurame yang enak adalah pepes ikan gurame, sop ikan gurame, ikan gurame bumbu kuning, ikan gurame bumbu gulai, ikan gurame asam manis, ikan gurame bakar, dan lainnya.

3. Ikan Lele

Siapa yang tidak tahu ikan yang mempunyai kumis ini. Ikan lele termasuk ke dalam famili clariidae, ordo siluriformes, actinopteri, chordata, animalia. Ikan lele hidup di sungai, waduk, sawah, rawa, dan telaga. Ikan lele merupakan ikan yang bisa membantu menghilangkan pencemeran yang ada di air, selain itu ikan ini banyak dikembangbiakkan karena sering dijadikan bahan makanan.

Selain sering ditemukan di warung pecel lele, masih banyak olahan ikan lele yang memiliki rasa lezat, seperti nugget lele, abon lele, siomay lele, cilok lele, dan pempek lele.

4. Ikan Patin

Ikan patin merupakan ikan dengan nama latin pangasius hypophthalmus, ikan ini banyak yang membudidayakannya di Indonesia dan banyak yang senang memancing ikan patin. Ikan patin merupakan ikan yang memiliki nutrisi bermanfaat untuk tubuh manusia karena kandungan protein, lemak, air, dan kalorinya yang tinggi. Selain itu rasa dagingnya juga gurih dan lezat. Ikan pating hidup di tepi sungai dan bisa tumbuh dengan panjang 120 cm. Ikan patin termasuk ikan nokturnal dan omnivora.

5. Ikan Bawal

Ikan bawal atau ikan pmfret ini berasal dari Brazil. Di Indonesia penyebaran ikan bawal cukup luas, terdapat di Selat Malaka, Laut Jawa, perairan Kalimantan, perairan Sulawesi Selatan, Laut Arafuru, Teluk Siam, Teluk Bengal, dan Laut Cina Selatan. Ikan bawal mempunyai 2 jenis, yaitu ikan bawal hitam dan ikan pawal putih.

Ikan bawal juga bisa diolah menjadi bermacam macam, seperti ikan bawal goreng, ikan bawal kukus, ikan bawal lada hitam, ikan bawal goreng kecap, pesmol ikan bawal, ikan bawal cabai garam, ikan bawal bakar, ikan bawal asam manis, ikan bawal bumbu kuning, dan ikan bawal sambal iris.